SMP Katolik Santa Maria Kediri
Diposting tanggal: 10 Januari 2017

Sekolah ini didirikan pada tahun 1947 dengan bangunan sederhana bernama SMPK Putri. Seperti namanya, pada awalnya sekolah ini hanya khusus untuk perempuan. Sejak awal SMPK Putri mendidik murid-muridnya untuk disiplin dan saling mengasihi. Tak heran jika SMPK Putri memenangkan berbagai pertandingan.

Tanggal 2 Mei 1987 SMPK Putri menunjukan kesungguhannya untuk bertanding dalam cabang olahraga Drumband. Drumband ini bernama “Tangkai Mulia”. Karena murid – murid terbiasa dilatih untuk disiplin maka murid – murid ini dapat dengan mudah berlatih dan memenangkan berbagai lomba Drumband. Dan jangan dilupakan bahwa anggota dari unit ini keseluruhan adalah perempuan.

Pada tahun 2002 SMPK Putri mengubah namanya menjadi SMPK Santa Maria. Hal ini didukung keras oleh para wali murid karena tak hanya lagi perempuan yang dapat mengikuti pembelajaran di SMPK ini. Dengan sekuat tenaga SMPK Santa Maria tetap mempertahankan kedisiplinannya.

Tak hanya murid yang bertambah di SMPK ini, namun prestasi semakin menggunung dan menggunung. Terbukti dengan murid – muridnya yang bertambah ulet dan kreatif. Tak hanya murid, guru – guru pun berusaha untuk menciptakan penerus bangsa yang disiplin, bertanggung jawab dan kreatif.

Berbagai ekstrakurikuler diadakan untuk melatih murid – murid SMPK Santa Maria menjadi multitalenta. Pengembangan diri di SMPK Santa Maria tidak hanya pengembangan jasmani, namun SMPK Santa Maria juga sangat mendukung pengembangan rohani dengan bina iman serta rekoleksi.