Senin, 22 Agustus 2016 - 09:50:06 WIB
KOMUNITAS MARGUIRITE NASSEAU MALANG
Diposting oleh : Kaji Zoe
Kategori: Komunitas - Dibaca: 214499 kali

BERANI MENCARI CINTA DI PENJARA

 

Allah adalah Kasih. Allah adalah Cinta. Mencari Cinta adalah suatu perjalanan, suatu peziarahan iman untuk menemukan Tuhan dalam perjumpaan, pengalaman dan peristiwa hidup sehari-hari. (Sr. Agatha, PK)

Deus Caritas Est. Allah adalah Kasih. Allah adalah Cinta. Mencari Cinta adalah suatu perjalanan, suatu peziarahan iman untuk menemukan Tuhan dalam perjumpaan,

pengalaman dan peristiwa hidup sehari-hari. Mencari Cinta di penjara adalah perjalanan iman untuk berani berjumpa dengan Tuhan dalam diri para nara pidana dan para tahanan di penjara.

Syukur kepada Allah, bahwa para Suster Puteri Kasih, Komunitas Margueritte Nasseau Malang, mau belajar untuk tidak  menghindar

dari kata-kata Tuhan yang menjadi kriteria penghakiman pada akhir jaman, yakni dengan mengunjungi mereka yang di penjara. Sudah sejak awal karya pelayanan para Suster di Malang, para Suster secara teratur dan rajin pergi ke penjara untuk mengunjungi dan melayani pembinaan rohani kepada para nara pidana dan para tahanan di penjara.

Sampai sekarang ini, jadual kunjungan dan pelayanan para Suster ke Penjara adalah sebagai berikut: pelayanan ke penjara pria di Lowokwaru dilaksanakan sebulan 2 kali, yaitu pada hari Kamis II dan Kamis III. Pelayanan ke penjara wanita di Kepuh dilaksanakan sebulan 2 kali, yaitu pada hari Jumat I dan Jumat III. Pelayanan rohani yang diberikan bisa dalam Ibadat Sabda dan dalam Perayaan Ekaristi. Hampir setiap bulan, apabila ada romo yang bisa melayani, para nara pidana dan para tahanan bisa merayakan Ekaristi, juga bisa menerima

Sakramen Pengakuan dosa dan nasehat-nasehat rohani dari romo.

Bahkan apabila ada hari-hari istimewa dalam liturgi, seperti Rabu Abu, para Suster bisa meminta

romo untuk menerimakan abu kepada para nara pidana dan tahanan. Bahkan pernah ketika hari Kamis dalam pekan suci, romo yang merayakan ekaristi pada kamis pagi itu, mengadakan upacara pembasuhan kaki bagi para nara pidana dan tahanan. Upacara- upacara yang seperti ini memberikan kesan yang mendalam dan sukacita bagi para nara pidana dan tahanan. Mereka merasa diperhatikan, dikasihi dan ditemani serta diampuni saat mereka mengalami hidup yang terbuang, penuh dosa dan kesalahan, juga masa-masa gelap dan sulit hidup mereka.

Pelayanan rohani dibawakan

para Suster dengan suasana penuh kasih dan persaudaraan. Juga didukung kebersamaan dan kerja sama dengan banyak pihak dan pribadi, membuat pelayanan menjadi sungguh berdaya dan terbuka. Para romo, para frater, para suster, kelompok-kelompok kategorial dan juga umat dari paroki-paroki turut serta dalam pelayanan secara bergiliran. Kami bersama-sama mencari dan menemukan Cinta di dalam kunjungan dan pelayanan rohani kepada sesama saudara yang sedang di penjara.

 

Sr. Agatha, PK

Komunitas Marguirite Nasseau Malang

 

 




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)