Selasa, 14 Juni 2016 - 10:49:48 WIB
MENGGALI ILMU dari PENDAHULU
Diposting oleh : Kaji Zoe
Kategori: Inspirasi - Dibaca: 1059 kali

MENGGALI ILMU dari PENDAHULU

  

 

“Mengembangkan diri ibarat meng-update komputer supaya selalu up todate yang artinya mengembangkan diri adalah hal yang harus dilakukan oleh setiap pribadi.”

(Sr. Imelda, PK)

 

Demikian juga bagi kami yang mendapat perutusan dalam tim ekologi. Pada hari Selasa, 2 Maret 2016 kami berusaha menimba ilmu kepada ibu Endang yang pernah bekerja sama dengan Suster Ina dan Suster Anna.

Saat ini ibu Endang telah mengalami kemajuan yang pesat dalam usaha penyelamatan bumi.  Selain mengembangkan karya, dia juga melakukan jejaring dengan berbagai pihak baik pemerintah maupun siapa saja yang mem-punyai kehendak baik dibidang ekologi. Disana kami belajar beberapa hal antara lain :

  1. Pemanfaatan sampah plastik dan kertas yang masih bisa didaur ulang menjadi peralatan ringan seperti tas belanja, tempat buah atau untuk hiasan misalnya bunga dan asesoris seperti gelang, cincin, dll.
  2. Observasi sekolah alam, dimana sekolah alam ini telah berjalan tiga tahun  dengan sasaran peserta didik adalah anak usia 4 – 6 tahun.  Sekolah alam ini bertujuan untuk membentuk karakter anak supaya memiliki kecintaan pada lingkungan, tidak hanya cinta tanaman dan hewan tetapi lebih  mengasah hati mereka, terutama terhadap tema- teman mereka.

Dampak dari pendidikan di sekolah alam ini yang tampak antara lain :

  • Suasana damai yang tampak dalam diri anak
  • Relasi antar anak cukup harmonis
  • Kepekaan mereka terhadap makhluk hidup di sekeliling-nya mulai dari semut, ulat  sampai makhluk hidup yang lain
  • Kreatifitas anak berkem-bang secara alami, mereka banyak belajar dari alam dan di dukung oleh suasana alam
  1. Belajar tentang pengelolaan Bank Sampah

Maksud dan tujuan dari pembelajaran  mengenai Bank Sampah ini adalah :

  • Membuka atau menambah pengetahuan kami tentang Bank Sampah, supaya kami mampu mengikuti perkem-bangan yang sedang menjadi isu di masyarakat.
  • Menanggapi kebutuhan di masyarakat  yang sadar  akan  adanya kerusakan lingkungan serta memiliki minat untuk perbaikan lingkungan dengan cara mendirikan Bank Sampah

Kami mengucap syukur  atas kepercayaan serta kesempatan yang diberikan kepada kami untuk melakukan pembelajaran. Kami merasa hal ini sangat penting bagi kami supaya kami semakin mampu menjalankan tugas perutusan kami dengan lebih baik.

Dari pembelajaran ini beberapa hal yang dapat kami renungkan Releksi :

  1. Pribadi yang ingin maju dan berkembang sangat terkait dengan apa yang namanya pembelajaran / belajar terus menerus
  2. Alam adalah guru bidang studi kearifan lokal yang profesional
  3. Allah hadir di alam semesta yang sungguh kaya akan kehidupan
  4. Manusia sebagai bagian dari alam yang menyebut diri secitra dengan Allah sungguh memiliki tanggung jawab lebih besar dalam memelihara kelestarian alam dan lingkungan hidup.
  5. Pribadi yang dekat dengan alam memiliki kemampuan  mengelola hati lebih baik sehingga memiliki kemampuan untuk menjadi duta duta damai dalam kehidupan.

 

 

Sr. Imelda, PK –

Tim Ekologi




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)